Kuliner Aneka Soto Obat Kangen Rumah Bagi Anak Rantau

aneka soto

Soto dikenal oleh berbagai kalangan sebagai salah satu makanan berkuah yang populer di Indonesia, ragam soto disesuaikan daerah asalnya. Setidaknya ada lebih dari 25 aneka soto yang menggiurkan sesuai dengan ciri khas daerah asalnya. Waduh… banyak ya? Kalau begitu ini 12 soto beserta daerahnya yang bikin kangen rumah. Ada apa saja sih. Yuk simak artikel berikut ini:

  • Soto Betawi

Soto asal ibukota ini terkenal dengan kuah santan gurih dilengkapi dengan irisan daging empuk, paru yang garing renyah, sambal, emping dan acar timun. Kuahnya menebarkan aroma pala, cengkih dan kapulaga.

  • Soto Medan

Di Medan, soto disajikan dengan perkedel kentang. Bumbu soto menggunakan jintan untuk penyedap selera, serta dilengkapi dengan emping, kentang, telur, tomat dan bawang goreng.

  • Soto Padang

Soto Padang berisi bihun, perkedel, irisan daging sapi kering dengan kuah yang  dihasilkan dari campuran cuka sehingga ada rasa kecut. Menggunakan rempah-rempah seperti daun jeruk, serai, jahe  dan daun bawang.

  • Soto Lamongan

Soto asal Jawa Timur ini adalah satu-satunya soto yang menggunakan bumbu koya. Dengan isian daging ayam kampung yang diguyur kuah Soto Lamongan tanpa santan, rasanya autentik.

  • Soto Bancar

Soto asli dari Purbalingga-Jawa Tengah ini rasanya manis. Bumbu kacang digunakan sebagai penambah rasa di kuahnya sehingga beda dengan soto di daerah lain.

  • Soto Banjar

Soto dari Banjar, Kalimantan Selatan ini menggunakan rempah seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh untuk bumbunya. Isi dari soto banjara da daging ayam, perkedel dan telor.

  • Soto Kudus

Soto Kudus ini gurih dan manis dan cara penyajian yang unik dengan menggunakan mangkok kecil, diberi tambahan kol dan tauge. Isian Soto Kudus berupa daging ayam, maupun daging kerbau, dan dilengkapi dengan  suwiran ayam goreng, tauge, bawang merah goreng, seledri, dan bawang putih goreng.

  • Soto Madura
Baca Juga :  3 Resep Es Buah Rumahan, 100% Praktis dan Mudah

Soto babat dengan usus, dan paru sapi yang merupakan isi Soto Madura rasa gurih dari makanan berkuah ini. Soto Madura memiliki campuran yang lebih banyak dibanding soto lainnya seperti bihun, irisan kol, toge, telur rebus, dan ayam.

  • Soto Makassar

Soto khas dari Sulawesi Selatan, Soto Makassar atau yang biasa dikenal sebagai Coto Makassar ini khas dengan usus, hati, otak, daging sapi atau kuda. Kuahnya diberi bumbu sereh, laos, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, garam yang sudah dihaluskan, lalu ditambah daun salam, jeruk nipis, dan kacang. Coto Makassar umum disajikan bersama ketupat.

  • Soto Bandung

Soto Bandung yang terkenal sebagai soto lobak ini berkuah putih bening. Soto ini juga dilengkapi tomat, seledri, dan keledai goreng, perkedel, kerupuk dan jeruk nipis.

  • Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor mencampurkan mie ke dalam kuah. Isian soto ini adalah urat dan kaki sapi, risoles, serta babat. Karena isian soto yang sudah cukup mengenyangkan, Soto Mie Bogor seringkali langsung disantap tanpa tambahan nasi.

  • Soto Kemiri Pati

Masyarakat Pati selalu memakan soto kemiri di siang hari ketika istirahat cocok tanam di sawah, soto ini biasa dibuat tanpa membubuhkan penyedap rasa. Selain berbahan dasar daging ayam, Soto Kemiri juga dibumbui brambang (bawang merah), bawang putih, kencur, kemiri, lengkuas, jinten, merica, jahe, dan santan. Cara penyajiannya unik, setelah mangkuk yang berisi nasi, irisan daging ayam, dan taoge diberi kuah, setelah itu kuah dari mangkuk tadi dituang kembali kedalam kuali.