Olahan Bolu Tape Berbahan Dasar Peuyeum nan Lembut dan Sehat

Tantangan menjadi seorang Ibu salah satunya adalah menyediakan kudapan sehat nan lezat untuk anak di rumah. Apalagi untuk para Ibu yang memiliki anak pada usia perkembangan dan aktif bergerak. Biasanya anak menjadi mudah lapar. Jika sudah seperti itu, para Ibu pasti membutuhkan stok resep praktis yang bisa mengganjal perut si kecil, namun tentunya tetap bergizi. Salah satu pilihan kudapan yang mudah untuk dibuat di rumah nan lezat dan sehat adalah Bolu Tape Singkong.

Di Bandung tape singkong disebut dengan peuyeum. Sebenarnya terdapat perbedaan antara tape singkong dan peuyeum. Perbedaannya terdapat pada sedikit bagian cara pembuatannya, dan juga jumlah ragi yang diberikan. Tape singkong biasa hanya menggunakan setengah takaran ragi untuk pembuatan peuyeum. Sehingga tekstur tape biasa lebih padat dan keras dibandingkan dengan peuyeum. Itulah mengapa tape singkong masih bisa digantung, sedangkan peuyeum tidak digantung. Namun dari segi ketahanan, peuyeum jauh lebih tahan dibandingkan tape singkong biasa.

Tape Singkong dan peuyeum memiliki beberapa manfaat, diantaranya baik untuk pencernaan, sebagai sumber karbohidrat yang baik, mampu mengontrol tekanan darah, mencegah anemia, memelihara otot saraf, nutria untuk tulang dan sendi, serta mengeluarkan racun dalam tubuh. Untuk anda yang sedang diet, juga bisa mengkonsumsi tape singkongKarena tape singkong memiliki kandungan lemak yang rendah, namun memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Ditambah dengan kandungan serat yang mudah larut larut dalam air.

Walaupun begitu kedua bahan ini tetap bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan bolu tape. Pilihlah diantara keduanya yang paling mudah anda dapatkan.

Berikut adalah satu resep Bolu Tape berbahan dasar tape singkong atau peuyeum yang bisa ibu – ibu praktekan di rumah.

Baca Juga :  Resep dan Cara Memasak Tumis Daging Sapi Lada Hitam Oriental

( Foto : WordPress )

Olahan Bolu Tape Berbahan Dasar Peuyeum nan Lembut dan Sehat

Bahan – bahan Pembuatan :

300 gram Tape Singkong atau peuyeum

75 gram Santan kelapa

5 Butir Telur

½ sendok teh TBM

180 gram tepung terigu protein sedang

150 gram gula pasir

150 gram mentega dan wisman yang telah dicairkan

Keju parut secukupnya sebagai bahan taburan

Langkah Pembuatan Bolu Tape

Langkah pertama, haluskan tape singkong dan santan kental. Aduk hingga tercampur rata.

Selanjutnya di tempat terpisah, campurkan telur, gula dan tbm menggunakan mixer hingga mengembang dan agak kaku. Langkah ke tiga, masukkan campuran tape dan santan kental tadi ke adonan telur sambil terus dikocok menggunakan mixer. Gunakan kecepatan sedang sampai semua bahan tercampur rata. Lalu masukkan tepung dan mentega cair, dan aduk rata kembali.

Siapkan Loyang untuk membakar. Olesi seluruh permukaan dengan mentega dan taburi tepung.

Tuang adonan ke dalam Loyang, taburi dengan parutan keju.

Setelah adonan ditaburi keju di dalam Loyang, maka adonan siap dipanggang. Gunakan suhu 170 derajat celcius selama 45 – 50 menit. Sesekali lakukan pengecekan kematangan menggunakan tusuk gigi. Jika sudah tidak ada adonan lengket yang tertinggal di tusuk gigi, maka kue telah matang.

 

( Foto : Cake Chooser )

Bagaimana ? sangat mudah khan. Kudapan ini bisa dinikmati bersama dengan teh hangat. Jikapun anda ingin sekali mengkonsumi bolu ini, namun mager alias males gerak. Anda bisa memesannya melalui beberapa e-commerce di Indonesia. Harga yang ditawarkan beragam, namun rata – rata berkisar di antara 50.000 sampai 90.000. Mudah dan murah khan ?!. Tapi jika anda membuatnya sendiri di rumah, anda akan mendapatkan experience yang berbeda, apalagi jika dilakukan bersama dengan si kecil. Pasti sangat mengasyikan.

Baca Juga :  Cara Membuat Kue Basah Bolu Tape